Kamis, 27 November 2014

Tujuh Peranan Dalam Perusahaan

Posted by with 1 comment
PROJECT MANAGER
Project manager yaitu orang yang berhubungan langsung dengan tim proyek untuk pihak luar dan yang mengatur mengambil suatu keputusan yang tepat untuk menentukan suatu proyek.
project manager mempunyai tanggung jawab dan tugas yang bermacam-macam, tidak hanya terfokus pada hal-hal yg teknis sifatnya.Bagaimana layaknya seorang project manager harus mempunyai kemampuan membuat tim proyek agar tetap solid, mampu memonitor dan mengontrol budget dengan membuat bar chart & critical path serta mempunyai kemampuan analisis resiko yang baik. Project manager tak luput dari sebuah peranan dalam mengambil keputusan.
Peranan Manajer Proyek
·         Berperan untuk mengintegrasikan beberapa kegiatan yang berbeda untuk mencapai tujuan tertentu.
·         Berperan juga sebagai seorang komunikator. Dengan ini berarti manajer proyek menjadi tempat terakhir menujunya laporan-laporan, memo, permintaan dan keluhan. Manajer proyek juga mengambil input dari banyak sumber, mengolah dan menyampaikan informasi ke beberapa pihak dan memastikan bahwa semua orang yang punya peran dalam proyek mengetahui informasi mengenai kebijaksanaan, tujuan, anggaran, jadwal kebutuhan, dan perubahan yang ada dalam proyek sesuai peran yang dimiliki.
·         Berperan untuk mengambil keputusan yang menjadi wewenangnya, antara lain mengenai realokasi sumber daya, mengubah lingkup proyek, menyeimbangkan kriteria biaya, jadwal dan performansi.
·         Merupakan seorang enterpreuneur yang harus berusaha untuk melakukan pengadaan dana, fasilitas dan orang agar proyek dapat berjalan.
·         Merupakan seorang agen pengubah yang mempelopori pemakaian ide yang baru dan inovatif dan berusaha keras mengatasi halangan untuk melakukan perubahan.
SISTEM ANALIS
Sistem analis, yaitu seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan pemilihan perangkat lunak dan system pada project yang dikerjakan oleh seorang system analis.
Peranan Analis Sistem
Analis sistem secara sistematis menilai bagaimana fungsi bisnis dengan cara mengamati proses input dan pengolahan data serta proses output informasi untuk membantu peningkatan proses organisasional. Dengan demikian, analis sistem mempunyai tiga peranan penting, yaitu :
1. Sebagai konsultan
2. Sebagai ahli pendukung
3. Sebagai agen perubahan
PROGRAMER
Programmer adalah orang yang bertugas untuk menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancangan dan tak luput dari peranan system analis untuk merancang sebuah system (lebih memahami teknologi komputer).
Peranan Programmer
a. Tanggungjawab pemrogram terbatas pada pembuatan program komputer.
b. Pengetahuan programer cukup terbatas pada teknologi komputer, sistem    komputer, utilitas dan bahasa-bahasa program yang diperlukan.
c. Pekerjaan programer sifatnya teknis dan harus tepat dalam pembuatan    instruksi-instruksi program.
d. Pekerjaan programer tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang,terbatas    pada sesama pemrogram dan analis sistem yang mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.
DATABASE ADMINISTRATOR
Database administrator adalah seseorang yang berperan terhadap penanganan database di dalam suatu organisasi, tanggung jawab dan peranan nya meliputi.
- Bertanggung jawab terhadap keamanan database.
- Perancangan dan koordinasi secara keseluruhan dari database.
- Mengembangkan skema.
- Membuat dokumen sistem dan penggunaannya.
- Menentukan organisasi data.
- Penerapan terhadap DBMS.
- Pengetesan dan pemeliharaan sistem database.
- Menjadi penengah antara pemakai dan manajemen.
- Bertanggung jawab terhadap seluruh operasi dari sistem dasar data.
- Menerapkan prosedur darurat di dalam kasis terjadinya kegagalan sistem atau kerusakan  database.
- Melatih dan mendidik  personil yang berhubungan dengan database.
WEB DESIGNER
Web Designer yaitu seseorang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan apikasi. Dan peranan web designer meliputi
·         Membuat gambar-gambar yang akan disisipkan kedalam website dengan menggunakan Photoshop dan sebagainya.
·         Menata Layout untuk pemasangan Banner, Link, Animasi & sebagainya.
·         Mengatur Konten Website sesuai dengan kategori & diintegrasikan dengan link navigasi.
·         Membangun Website mulai dari halaman depan sampai akhir sesuai dengan struktur web yang dipilih.
·         Melakukan uji coba setiap halaman & memeriksa kesalahan penulisan HTML, CSS, & sebagainya
PERAN FUNCTIONAL
Functional yaitu orang yang melakukan sebuah pengecekan terhadap project yang telah selesai baik dengan melakukan testing  maupun melakukan penulisan dalam project itu sendiri.
Peranan functional
1.      Project character (penulisan)
2.      Blue Print (diagram)
3.      Functional defination
4.      CHQA (testing)
5.      HQDOC (penyerahan tugas)

NETWORK ENGINEER
Seorang Network engineers mempunyai tugas utama untuk mengatur jaringan computer pada sebuah perusahaan. Baik itu jaringan computer kecil ataupun besar, yang akan digunakan untuk pertukaran data maupun sumber daya yang lain seperti printer. Pekerjaan seoran network engineers biasanya meliputi network administrator, design, install dan maintenance komunikasi antar computer yang ada di dalam sebuah perusahaan
Peranan Network Engineer
1.      Melakukan instalasi hardware, sistem atau software baru yang digunakan dalam jaringan.
2.      Melakukan instalasi, konfigurasi, dan perawatan layanan jaringan (network services) dan perangkat jaringan.
3.      Mendukung fungsi administratif pada penggunaan perangkat jaringan.
4.      Mengatur protokol untuk pencadangan (backup) atau restorasi (restore) didalam sistem.
5.      Merencanakan dan memberikan dukungan untuk implementasi infrastruktur jaringan komputer.
6.      Melakukan perbaikan (troubleshooting) atau analisis terhadap server, komputer kerja (workstations) dan semua yang berkaitan dengan hal tersebut.
7.      Mendokumentasikan permasalahan-permasalahan yang terjadi didalam jaringan untuk referensi dimasa yang akan datang.
8.      Memonitor kinerja sistem dan dapat mengimplementasikan performance tuning.
9.      Mengatur akun pengguna (users account), izin pengguna (users permission), serta implementasi firewall, dan sistem keamanan.
10.  Memperhatikan aspek keamanan pada aplikasi dan jaringan.




1 komentar:

Ron mengatakan...

Mungkin maksudnya peranan IT di perusahaan ya.