Kamis, 03 Juli 2014

Aktivitas Internet Di Dunia Pendidikan

Posted by with No comments
A. DEFINISI INTERNET
Internet adalah salah satu bukti nyata pesatnya perkembangan teknologi di bidang informasi dan telekomunikasi. Internet membawa pengaruh yang teramat besar dalam pola kehidupan masyarakat dunia, khususnya Negara-negara maju. Internet disebut juga dunia tanpa batas karena sifatnya yang benar-benar mendunia. Internet kini menjadi pusat informasi di seluruh dunia. Berbagai kepentingan pekerjaan maupun pendidikan bergantung pada internet. Semua itu menuntut setiap individu untuk dapat mengoperasikan internet sebagai konsekuensi hidup di zaman serba canggih ini. 

B.AKTIFITAS INTERNET DI BERBAGAI BIDANG

1. Dunia Pendidikan

Perkembangan internet dalam dunia pendidikan telah menghasilkan sebuah sistem pembelajaran jarak jauh. Dengan sistem ini maka seorang pelajar tidak perlu lagi pergi kesekolah seperti layaknya sekolah formal. Namun cukup meluangkan waktunya untuk bertatap muka dengan dosen atau guru lewat monitor komputer. 

Demikian juga pelajar tidak hanya memperoleh informasi tentang pengetahuan melalui buku perpustakaan bahkan harus pergi ke perpustakaan untuk  memperoleh pengetahuan, namun cukup ada di depan monitor,  pengetahuan yang akan dicari sudah tersedia. Bahkan seorang guru akan dengan mudah mencari bahan ajar yang sesuai dengan bidangnya dan juga seorang siswa dapat mendalami ilmu pengetahuan yang didapatkan dengan didukung kemampuan untuk mencari informasi tambahan diluar yang diajarkan oleh guru. 

Dengan demikian akan terjadi perubahan pola pikir serta kreatifitas guru dan siswa serta masyarakat dapat berkembang dengan pesat , sehingga terjadi cakrawala berpikir yang lebih kontektual dan lebih mudah mencerna informasi yang masuk tersebut. 

Dampak Positif Di Dunia Pendidikan
  1. Menambah wawasan dan ilmu
  2. Meningkatkan kegemaran menulis
  3. Menumbuhkan kreativitas
  4. Mempermudah Akses Informasi
  5. Bersahabat Dengan Teknologi
  6. Komunikasi Tanpa Batas
Dampak Negatif Di Dunia Pendidikan
  1. Pornografi
  2. Plagiarisme
  3. Perilaku sosial yang menyimpang
  4. Prestasi sekolah menurun
Contoh nyatanya di dunia pendidikan seperti:


  • E-Learning (Pembelajaran Elektronik)
Sistem pembelajaran elektronik E-learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. contoh e-learning seperti adanya e-learning for kids.





  • E-Book (Buku Elektronik) 
Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. contohnya seperti adanya ebooks.com.


2. Dunia Perdagangan elektronik (e-commerce)



Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.



Dampak Positif
  1. Otomatisasi
  2. Integrasi
  3. Publikasi
  4. Interaksi
  5. Transaksi

Dampak Negatif
  1. Rawan Penipuan
  2. Barang yang di display tidak bisa di lihat langsung
  3. Membutuhkan akses internet
  4. Membutuhkan seperangkat alat elektronik (komputer)
Contoh nyatanya di dunia E-commerce seperti :

  • Kaskus


Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.




  • Zalora
ZALORA Indonesia adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia .






3. Dunia Sosial Media


Media sosial adalah sebuah media online yang membutuhkan suatu network atau jaringan yang menyuluruh, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia.



Dampak Positif Sosial Media :
  1. Mempererat silaturahim
  2. Menambah wawasan dan pengetahuan
  3. Menyediakan informasi yang tepat dan akurat
  4. Menyediakan ruang untuk berpesan positif
  5. Mengakrabkan hubungan pertemanan
Dampak Negatif sosial media

  1. Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata.
  2. Situs jejaring social akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri.
  3. Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di jejaring social.
  4. Situs jejaring social adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan.
  5.  Pornografi : Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi
  6. Penipuan : Hal ini memang merajalela di bidang manapun. 

Contoh nyatanya di dunia sosial media seperti:



  • Path
Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial pada telepon pintar yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat.





  • Twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet.



Sumber :

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/ZALORA_Indonesia
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Path_(jejaring_sosial)
  4. id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran_elektronik
  5. http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
  6. http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik#Masalah_E-Commerce
  7. http://rian-priyadi.blogspot.com/2013/12/pengaruh-internet-dalam-pembelajaran.html

0 komentar: