A. DEFINISI INTERNET
Internet adalah salah satu bukti nyata pesatnya perkembangan teknologi di bidang informasi dan telekomunikasi. Internet membawa pengaruh yang teramat besar dalam pola kehidupan masyarakat dunia, khususnya Negara-negara maju. Internet disebut juga dunia tanpa batas karena sifatnya yang benar-benar mendunia. Internet kini menjadi pusat informasi di seluruh dunia. Berbagai kepentingan pekerjaan maupun pendidikan bergantung pada internet. Semua itu menuntut setiap individu untuk dapat mengoperasikan internet sebagai konsekuensi hidup di zaman serba canggih ini.
B.AKTIFITAS INTERNET DI BERBAGAI BIDANG
1. Dunia Pendidikan
Demikian juga pelajar tidak hanya memperoleh informasi tentang pengetahuan melalui buku perpustakaan bahkan harus pergi ke perpustakaan untuk memperoleh pengetahuan, namun cukup ada di depan monitor, pengetahuan yang akan dicari sudah tersedia. Bahkan seorang guru akan dengan mudah mencari bahan ajar yang sesuai dengan bidangnya dan juga seorang siswa dapat mendalami ilmu pengetahuan yang didapatkan dengan didukung kemampuan untuk mencari informasi tambahan diluar yang diajarkan oleh guru.
Dengan demikian akan terjadi perubahan pola pikir serta kreatifitas guru dan siswa serta masyarakat dapat berkembang dengan pesat , sehingga terjadi cakrawala berpikir yang lebih kontektual dan lebih mudah mencerna informasi yang masuk tersebut.
Dampak Positif Di Dunia Pendidikan
- Menambah wawasan dan ilmu
- Meningkatkan kegemaran menulis
- Menumbuhkan kreativitas
- Mempermudah Akses Informasi
- Bersahabat Dengan Teknologi
- Komunikasi Tanpa Batas
Dampak Negatif Di Dunia Pendidikan
- Pornografi
- Plagiarisme
- Perilaku sosial yang menyimpang
- Prestasi sekolah menurun
- E-Book (Buku Elektronik)
.png)
2. Dunia Perdagangan elektronik (e-commerce)
Dampak Positif
- Otomatisasi
- Integrasi
- Publikasi
- Interaksi
- Transaksi
Dampak Negatif
- Rawan Penipuan
- Barang yang di display tidak bisa di lihat langsung
- Membutuhkan akses internet
- Membutuhkan seperangkat alat elektronik (komputer)
- Kaskus
Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
- Zalora
ZALORA Indonesia adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia .
3. Dunia Sosial Media
Dampak Positif Sosial Media :
- Mempererat silaturahim
- Menambah wawasan dan pengetahuan
- Menyediakan informasi yang tepat dan akurat
- Menyediakan ruang untuk berpesan positif
- Mengakrabkan hubungan pertemanan
Dampak Negatif sosial media
- Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata.
- Situs jejaring social akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri.
- Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di jejaring social.
- Situs jejaring social adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan.
- Pornografi : Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi
- Penipuan : Hal ini memang merajalela di bidang manapun.
Contoh nyatanya di dunia sosial media seperti:
- Path
Sumber :
- http://id.wikipedia.org/wiki/ZALORA_Indonesia
- http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
- http://id.wikipedia.org/wiki/Path_(jejaring_sosial)
- id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran_elektronik
- http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
- http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik#Masalah_E-Commerce
- http://rian-priyadi.blogspot.com/2013/12/pengaruh-internet-dalam-pembelajaran.html
15.34