Adalah konsep
perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional
dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan
sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU
akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori
cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer
ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
Set instruksi
(ISA)
Arsitektur
mikro dari ISA, dan
Sistem desain
dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Ada sejumlah
tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling
sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan
software.
Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada
tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling
dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut
berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini
mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan
software.
Multilayerd Machine
Tingkatan
dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem
komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa
layer software di atas beberapa layer hardware.
CPU (Central
processing Unit), yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan
mengubah input menjadi output.
Primary
storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program
Control unit
(unit pengendalian), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem
Aritmatika
and logical Unit, tempat berlangsungnya operasi perhitungan matematika dan
logika
Unit Input,
memasukkan data ke dalam primary storage
Secondary
storage (penyimpanan sekunder), menyediakan tempat untuk menyimpan program dan
data saat tidak digunakan
Unit Output,
mencatat hasil pengolahan
Peralatan
Input
Perangkat
input merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan
diolah ke dalam komputer. Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk
melakukan interaksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang
diberikan oleh penggunanya.
Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Primer
CPU atau
satuan merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer
mikro, processor ini disebut microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama,
yaitu unit kendali (control unit) dan unit Aritmatika dan logika (arithmethic
logic unit). Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa
simpanan yang berukuran kecil yang disebut register.
Penyimpanan sekunder
Penyimpanan
sekunder (juga dikenal sebagai memori eksternal atau penyimpanan tambahan),
berbeda dari penyimpanan utama dalam hal itu tidak langsung dapat diakses oleh
CPU. Komputer biasanya menggunakan input / saluran output untuk mengakses
penyimpanan sekunder dan transfer data yang diinginkan dengan menggunakan
daerah menengah dalam penyimpanan utama. Penyimpanan sekunder tidak kehilangan
data bila perangkat dimatikan-itu adalah non-volatile. Per unit, itu biasanya
juga dua lipat lebih murah dari penyimpanan utama. Akibatnya, sistem komputer
modern biasanya memiliki dua perintah besarnya lebih penyimpanan sekunder dari
penyimpanan primer dan data disimpan untuk waktu yang lebih lama disana.
Peralatan Output
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai
hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy
(ke monitor), ataupun berupa suara. Output yang dihasilkan dari pemroses dapat
digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus),
image (dalam bentuk grafik atau gambar).
Peralatan output dapat berupa:
Hard-copy
device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media
keras seperti kertas atau film.
Soft-copy
device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada
media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Refrensi:
14.21
0 komentar:
Posting Komentar